Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Profil Negara dan Kerjasama

Irlandia











IRLANDIA

Letak Geografis:
Pulau Irlandia terletak pada ujung barat laut benua Eropa antara  51.5 derajat dan 55.6 derajat Lintang Utara dan 5.5 derajat dan 10.5 deralat Bujur Barat.



Luas Wilayah:
Luas Pulau Irlandia adalah 84.421 km persegi yang terdiri dari Republik Irlandia seluas 70.282 km persegi dan Irlandia Utara seluas 14.139 km persegi.



Populasi:

Jumlah Penduduk Irlandia berdasarkan sensus bulan April tahun 2006 adalah sebanyak 4.234.945 juta orang.



Sejarah :
Pada abad ke XVI pemukim dari England (English Settlers) yang masuk dan menetap di Irlandia mulai terlibat friksi dengan penduduk asli setempat.  Tahun 1603 King James I melaksanakan “Proyek Plantation” yaitu mengirimkan ribuan emigran dari England dan Scotland ke Irlandia dengan merampasi dan menguasai tanah-tanah penduduk setempat. Tahun 1800, Irlandia dipersatukan dengan England berdasarkan “Act of Union” kemudian seluruh tatanan politik, administrasi dan hukum di Irlandia disusun sesuai sistim yang berlaku di Inggris. Tahun 1921 Irlandia memperoleh kemerdekaan dari Inggris namun wilayahnya dibagi dua (Partition of Ireland) yaitu 26 counties di bagian selatan merdeka penuh dengan sebutan Irish Free State dan 6 counties di bagian utara yang mayoritas penduduknya keturunan English Settlers tetap menjadi bagian Inggris dengan sebutan Northern Ireland. Setelah Konstitusi Irlandia terbentuk pada tahun 1937, sebutan Irish Free State resmi dirubah menjadi Ireland (Eire).  



Bentuk Pemerintahan:
Berdasarkan Republic of Ireland Act 1948, bentuk negara Irlandia ditetapkan sebagai Republik namun sebutan negaranya tidak dirubah yaitu tetap Ireland (Eire). Presiden adalah Kepala Negara (Head of  State) yang kedudukannya lebih bersifat simbolik dan fungsinya lebih banyak ceremonial.  Masa jabatan Presiden Irlandia adalah 7 tahun dan hanya dapat dipilih kembali (re-elected) sekali saja.   Kepala Pemerintahan (Head of Government) adalah Prime Minister (Taoiseach) yaitu pemimpin parpol yang menang Pemilu yang diselenggarakan tiap 5 tahun.  Wakil PM Irlandia adalah Deputy Prime Minister (Tanaiste).



Sistem Pemerintahan:
Pemerintahan Irlandia menganut sistem Demokrasi Parlementer. Parlemen Irlandia (Oireachtas) terdiri dari 2 Chambers yaitu 

  • House of Representatives (Dail Eireann) pemegang kekuasan politik  termasuk membuat legislasi  anggotanya sebanyak 166 orang yang dipilih melalui Pemilu untuk masa jabatan 5 tahun mewakili 41 daerah konstituensi.   Anggota House of Representatives disebut Teachtai Dala (TD).
  • Senate (Seanad Eireaan) anggotanya 60 orang dengan perincian, 11 orang ditunjuk oleh PM, 43 orang dipilih oleh para calon yang diajukan oleh lima panel kepakaran (the Cultural and Educational Panel, the Agricultural Panel, the Labour Panel, The Industrial and Commercial Panel, dan the Administrative Panel) dan 6 orang dipilih oleh para akademisi di lingkungan perguruan tinggi.  Kekuasaaan Senate hanya mengajukan usul Undang Undang dan usul Perubahan Undang Undang.


Hukum:
Kekuasaan Yudikatif berada ditangan para hakim yang diangkat  oleh Presiden atas usulan/nasehat Pemerintah.   Secara hirarki, tingkatan pengadilan di Irlandia adalah Supreme Court, Court of Criminal Appeal, High Court dan Circuit District Court.



Partai Politik:
Partai politik yang mendapat kursi di Parlemen saat sekarang adalah Fianna Fail, Fine Gael, Labour, Progressive Democrat, Green Party dan Sinn Fein.  Sejak Irlandia merdeka hingga sekarang, dua partai politik yang dominan adalah Fianna Fail (FF) dan Fine Gael (FG) namun kedua parpol tersebut belum pernah menang dengan mayoritas mutlak sehingga dalam memegang pemerintah selalu  mengadakan koalisi.  Pemilu Irlandia bulan Juni 2007  dimenangkan ke tiga kalinya oleh parpol Fianna Fail.



Kabinet Irlandia sejak tanggal 8 Mei 2008


Perdana Menteri

:

Brian Cowen

Wakil PM/Menteri Perdagangan, Usaha & Tenaga Kerja

:

Mary Coughan

Menteri Luar Negeri

:

Michael Martin

Menteri Keuangan

:

Brian Lenihan

Menteri Kehakiman, Persamaan & Reformasi Hukum

:

Dermot Ahern

Menteri Sosial & Urusan Keluarga

:

Mary Hanafin

Menteri Pertanian, Perikanan & Makanan

:

Brendan Smith

Menteri Pendidikan & Ilmu Pengetahuan

:

Batt O’Keeffe

Menteri Kesehatan & Anak-Anak

:

Mary Haney

Menteri Pertahanan

:

Willie O’Dea

Menteri Transportasi

:

Noel Dempsey

Menteri Lingkungan, Warisan Budaya & Pemerintahan Lokal

:

John Gormley

Menteri Komunikasi, Energi & Sumber Daya Alam

:

Eamon Ryan

Menteri Kemasyarakatan & Daerah

:

Eamon O’ Cuiv

Menteri Kesenian, Kebudayaan dan Pariwisata

:

Martin Cullen

Jaksa agung

:

Paul Gallagher



KBRI London


Gedung Parlemen Inggris Raya

Peringatan 200 tahun hubungan kesejarahan RI-Inggris


ASEAN


Visit Indonesia

running3running4running5running6running7
running8running9running10
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia
Syarat dan Ketentuan