Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Hati-hati terhadap aksi PENIPUAN melalui Media Internet     |       Pemberitaan HUT RI-68 di Nigerian Tribune     |       Liputan Kunjungan Duta Besar ke InQuire     |       Bulletin Indonesia Bulan Januari 2014 in French & English     |       Pemberitaan Kunjungan ke Shere School pada BluePrint Nigeria     |       Pemberitaan Kunjungan ke Shere pada Daily Trust Nigeria     |       Selamat datang di website KBRI Abuja     |       

Berita Kemlu

Serah Terima Ketua ASEAN dari Wakil Tetap Viet Nam kepada Wakil Tetap RI

Kamis, 16 Desember 2010

Setelah satu tahun Viet Nam menjadi Ketua ASEAN pada tahun 2010, Wakil Tetap/Duta Besar Viet Nam untuk ASEAN, H.E. Mr. Vu Dang Dung,  menyerahkan tugas dan tanggung jawab selaku Ketua Committee of Permanent Representatives to ASEAN /CPR (Komite Para Wakil Tetap untuk ASEAN) kepada Wakil Tetap/Duta Besar Indonesia, H.E. Mr. Ngurah Swajaya pada pertemuan CPR di Sekretariat ASEAN di Jakarta (15/12/2010). Acara serah terima dihadiri oleh Sekjen ASEAN, DR. Surin Pitsuwan dan para Wakil Sekjen ASEAN, seluruh Wakil Tetap negara anggota dan staf masing-masing.
 
Setelah berlakunya Piagam ASEAN pada tanggal 15 Desember 2008, ASEAN membentuk mekanisme  baru yang disebut sebagai Committee of Permanent Representative to ASEAN /CPR  berkedudukan di Jakarta. CPR beranggotakan pejabat pada tingkat Duta Besar dari negara-negara anggota ASEAN yang memiliki kantor dan fungsi terpisah dari Duta Besar bilateral yang berkedudukan di Jakarta. Tugas utama CPR adalah mendukung koordinasi dan koherensi ketiga pilar Komunitas ASEAN (politik-keamanan, ekonomi dan sosial budaya) serta memfasilitasi kerjasama dengan mitra eksternal ASEAN.
 
Selama periode tahun 2010, di bawah kepemimpinan Viet Nam, CPR berhasil mencatatkan beberapa capaian konkrit untuk menyusun berbagai dokumen untuk tindak lanjut Piagam ASEAN, membantu peningkatan koordinasi dan koherensi diantara ketiga pilar Komunitas ASEAN, memfasilitasi peningkatan kerjasama ASEAN dengan mitra eksternal ASEAN serta memperkuat fungsi Sekretariat ASEAN. Sebagai mekanisme baru ASEAN, CPR telah memiliki profil yang cukup dihormati oleh mitra-mitra eksternal serta membantu percepatan pembentukan Komunitas ASEAN tahun 2015.
 
Wakil Tetap Indonesia (Watap RI) untuk ASEAN dan Sekjen ASEAN memberikan apresiasi  atas keberhasilan kepemimpinan Viet Nam pada tahun 2010 serta menekankan besarnya tantangan yang dihadapi pada tahun 2011 serta menuju ke pembentukan Komunitas ASEAN tahun 2015. Dalam kapasitas sebagai Ketua ASEAN tahun 2011, Watap RI menyampaikan bahwa sesuai dengan Tema Keketuaan Indonesia—ASEAN Community in a Global Community of Nations—, Indonesia  akan memperkuat kerjasama ASEAN, khususnya implementasi Cetak Biru Komunitas ASEAN, serta mempersiapkan ASEAN setelah terbentuknya Komunitas ASEAN tahun 2015 dan kontribusi ASEAN untuk isu-isu global. Indonesia juga menegaskan komitmen menjadikan ASEAN sebagai rules-based dan peoples’ oriented organization.
 
Rangkaian kegiatan serah terima Ketua ASEAN (CPR) ditutup dengan pertunjukkan seni dan budaya Viet Nam dengan tema Charming Viet Nam yang menghadirkan 30 seniman Viet Nam di H. Usmar Ismail, Jakarta. Kegiatan merupakan salah satu kegiatan untuk meningkatkan interaksi antar warga ASEAN dan menjadikan ASEAN sebagai “peoples” oriented organization. (sumber: PTRI untuk ASEAN, Jakarta)
 
Pidato selengkapnya Wakil Tetap Indonesia (Watap RI) untuk ASEAN.



Kantor KBRI Abuja


Wisma Duta KBRI Abuja


Jam Kerja

Kemlu Nigeria



ICON


African Union


D-8 Countries


Nigerian Imigration Service


Ecowas


Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2014


Pemilihan Umum Tahun 2014 PPLN Abuja - Nigeria

TRADE EXPO INDONESIAnafdacAseanrunning3Akses
Pusdiklat kemlurunning7running8running9Perpustakaan Kemlu
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia
Syarat dan Ketentuan