Deplu   Kementerian Luar Negeri
Republik Indonesia
Kontak Kami BahasaEnglishSearch
Pertemuan Joint Preparatory Meeting (JPM) dalam Rangka Persiapan KTT ASEAN ke-20, Phnom Penh, Kamboja, 5-6 Maret 2012
Wednesday, 07 March 2012 09:00


No 020/PR/III/2012/53
 
Pada tanggal 5 Maret 2012, telah dilaksanakan pertemuan Joint Preparatory Meeting (JPM) di Phnom Penh, Kamboja yang diikuti oleh para Senior Officials ketiga pilar Komunitas ASEAN yaitu ASEAN Senior Officials’ Meeting (SOM), Senior Economic Officials Meeting (SEOM) dan Senior Officials‘ Committee for ASCC Council (SOCA) dari ke-10 Negara Anggota ASEAN beserta Delegasi dan Wakil Sekretaris Jenderal ASEAN.

Pertemuan JPM antara lain membahas berbagai isu substantif dan program para Kepala Negara/Kepala Pemerintahan di KTT ASEAN ke-20 yang akan berlangsung pada tanggal 3-4 April 2012 di Phnom Penh, Kamboja, serta rencana outcome documents yang akan dihasilkan pada KTT mendatang.

Isu utama yang akan diangkat para Leaders pada kesempatan KTT ASEAN ke-20 meliputi sejumlah topik bahasan seperti perkembangan menuju pencapaian Komunitas ASEAN, implementasi Piagam ASEAN, perkembangan upaya mewujudkan konektivitas ASEAN secara menyeluruh sesuai Master Plan on ASEAN Connectivity (MPAC) serta isu-isu regional lainnya. Para Leaders juga dijadwalkan untuk mendeklarasikan sejumlah statements terkait arah ke depan ASEAN.

Selain membahas sejumlah isu dalam program utama KTT ASEAN, JPM juga membahas rencana diadakannya KTT Sub-Regional ASEAN yaitu KTT Brunei Darussalam-Indonesia-Malaysia-Philippines East ASEAN Growth Area (BIMP-EAGA) ke-8 dan KTT Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) ke-6, dimana keduanya akan diselenggarakan pada tanggal 4 April 2012, setelah KTT ASEAN.  Berbagai inisiatif dibawah payung kerjasama Sub-Regional mampu berkontribusi bagi upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan investasi dan keterlibatan pelaku usaha. Pada KTT mendatang, para Leaders ASEAN juga dijadwalkan mengikuti acara side event, antara lain the 9th ASEAN Leadership Forum.

Pada tanggal 6 Maret 2012, telah dilaksanakan Joint Meeting of ASEAN SOM, SEOM and SOCA dengan agenda utama pembahasan Terms of Reference ACC Working Group (ACCWG) guna membahas aplikasi keanggotaan Timor Leste di ASEAN. Pertemuan ini bertujuan untuk menyelaraskan pandangan terkait ToR ACCWG di ketiga pilar Komunitas ASEAN.  Poin-poin tersebut meliputi cakupan TOR dalam hal aplikasi keanggotaan ASEAN, mandat dan modalitas Working Group, serta hal-hal teknis lainnya terkait aplikasi keanggotaan baru di ASEAN seperti kemungkinan pembentukan Sub Working Group dan kajian mengenai dampak bagi ASEAN atas aksesi Timor Leste.

Pertemuan juga sepakat untuk mengadakan Joint Meeting lanjutan guna memfinalisasi TOR ACC WG dimaksud, yang dijadwalkan pada 13-14 Maret 2012 di Singapura.
Phnom Pehn, 6 Maret 2012

back
Berita dan AgendaSiaran PersPress BriefingKedutaan / KonsulatPelayanan PublikIsu Isu Aktual • Layanan Lain
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia • Lihat Situs Web