Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Berita Terkini

Briefing Mengenai Islamic Solidarity Games Ke-3

Jumat, 30 Agustus 2013

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) bekerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Komite Olimpiade Indonesia (KOI) telah menyelenggarakan sesi briefing kepada Kedutaan Besar negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI) di Gedung Caraka Loka, Kementerian Luar Negeri pada hari Rabu, 28 Agustus 2013, mengenai Islamic Solidarity Games (ISG) ke-3 yang akan diselenggarakan di Palembang, Sumatera Selatan, tanggal 22 September – 1 Oktober 2013.

 

ISG merupakan program kerja Islamic Solidarity Sport Federation (ISSF), yang merupakan salah satu badan afiliasi pada OKI. ISG diselenggarakan setiap 4 (empat) tahun sekali dimana ISG pertama telah diselenggarakan di Mekkah, Arab Saudi, tanggal 8 – 20 April 2005.

 

Pada tanggal 19 – 22 Agustus, 25 Ketua Delegasi (Chiefs of the Mission) negara-negara anggota ISSF telah hadir dalam pertemuan teknis serta melakukan peninjauan langsung arena dan unit-unit penunjang kegiatan ISG ke-3 di Palembang. Semua arena pertandingan dan unit-unit penunjang dinilai siap dan layak untuk digunakan.

 

Penyelenggaraan ISG ke-3 merupakan komitmen Indonesia atas penandatanganan tanggal 28 April 2011, dimana Presiden ISSF dan Ketua KOI bersama Gubernur Provinsi Riau telah menandatangani the 3rd Islamic Solidarity Games Host City Contract mengenai penyelenggaraan ISG ke-3 yang awalnya direncanakan di Pekanbaru, Riau, tanggal 6-17 Juni 2013. Dalam perkembangannya, tempat dan tanggal pelaksanaan ISG ke-3 dimaksud pindah ke Palembang, Sumatera Selatan, tanggal 22 September – 1 Oktober 2013. Komite Olimpiade Indonesia, Kementerian Pemuda dan Olahraga dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan akan bertindak sebagai panitia pelaksana bagi penyelenggaraan ISG ke-3 tersebut.

 

Upacara Pembukaan dan Penutupan ISG ke-3 akan diselenggarakan di Stadion Atletik Jakabaring, Palembang. Tema dari ISG ke-3 adalah “Harmony in Unity”. Dalam penyelenggaraan ISG ke-3 ini, atlet dari negara-negara anggota ISSF akan saling berkompetisi serta mendemostrasikan kemampuan mereka dengan semangat sportivitas, keadilan dan persaudaraan.

 

ISG ke-3 ini akan mempertandingkan dan memperlombakan 13 jenis cabang olah raga, yaitu: atletik, renang-akuatik, panahan, bulutangkis, bola basket, sepak bola, karate, taekwondo, tenis, bolavoli indoor, bola voli pantai, angkat berat dan wushi. Jumlah keseluruhan pertandingan dan perlombaan ada 184, dengan rincian 96 untuk laki-laki, 84 untuk perempuan, dan 4 untuk laki-laki dan perempuan. Pengundian pertandingan cabang olahraga telah dilaksanakan pada tanggal 19 – 21 Agustus 2013. Beberapa cabang pertandingan seperti bola basket, sepak bola dan bulutangkis akan dipertandingkan lebih awal, sebelum pembukaan resmi ISG ke-3.

 

Sampai saat ini, tercatat 1743 atlet, 589 officials dari 38 negara anggota  ISSF telah memberikan konfirmasi keikutsertaan mereka pada ISG ke-3. Angka-angka tersebut masih bisa berubah, mengingat registrasi masih dapat dilakukan sampai tanggal 31 Agustus 2013.

 

Panitia pelaksana mengharapkan partisipasi atlet dan official dari negara-negara anggota ISSF pada penyelenggaraan ISG ke-3 di Palembang, Sumatera Selatan. (Sumber : Dit. Sosbud dan OI Negara Berkembang)







AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Pidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidDiplomasi Indonesia 2013ASEAN Selayang PandangLPSE
Pedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh PemdaPerpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEAN
QuAs edisi 4BSBI 2014PusdiklatStrategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017Buletin Komunitas ASEAN
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan