Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Berita Terkini

Seminar Pengenalan Profesi Diplomat Pada Fakultas Hukum UGM Yogyakarta

Rabu, 05 Desember 2012

Dalam rangka mengenalkan profesi Diplomat bagi mahasiswa, Ditjen HPI bekerjasama dengan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada pada tanggal 5 Desember 2012 mengadakan Seminar Sehari tentang Pengenalan Profesi Diplomat bagi mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Acara yang dibuka oleh Ketua Kompartemen Hukum Internasional Dr. Sigit Riyanto, LL.M menghadirkan 3 narasumber yaitu Sesditjen HPI, Kepala Biro Kepegawaian dan Kepala Biro Perencanaan dan Organisasi dan dihadiri oleh 100 mahasiswa Fakultas Hukum UGM. Dalam sambutannya Ketua Kompartemen Hukum Internasional menyambut baik upaya Kementerian Luar Negeri untuk mensosialisasikan profesi Diplomat sebagai profesi yang sangat menarik untuk ditekuni setelah mahasiswa telah lulus dan memasuki dunia kerja.

 

Pada acara Seminar yang dipandu oleh Dosen Hukum Internasional FH UGM, Harry Purwanto, SH, M.Hum, Sesditjen HPI menyampaikan presentasi mengenai “Peran Lulusan Fakultas Hukum di Kemlu”, yang menekankan pentingnya lulusan FH dalam penanganan tidak hanya isu Hukum dan Perjanjian Internasional tetapi juga berbagai isu lainnya seperti bilateral, regional dan multilateral. Karo BPO pada kesempatan ini memaparkan presentasi tentang Diplomat dan Diplomasi yang menekankan tentang tugas-tugas diplomasi. Sementara itu , Karo Kepegawaian dalam presentasinya memaparkan pola perekrutan pegawai Kemlu untuk menjadi Pejabat Dinas Luar Negeri.

 

Dalam sesi tanya jawab para mahasiswa dengan antusias menggali lebih dalam tentang proses ujian dan hal-hal yang perlu disiapkan untuk mengikuti ujian seleksi masuk Kemlu. Dalam kesempatan ini kembali ditekankan pentingnya persiapan bagi penguasaan bahasa Inggris dan kemampuan bahasa asing lainnya sebagai nilai tambah dan meningkatkan pengetahuan tentang isu-isu global dan nasional.

 

Setelah penyelenggaraan Seminar Pengenalan Diplomat dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Ditjen HPI Kemlu dengan FH UGM tentang Kerjasama Pelatihan dan Peningkatan Sumber Daya Manusia yang dilakukan oleh Sesditjen HPI dan Dekan Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada. Nota Kesepahaman ini bertujuan untuk mendorong dan mendukung kerjasama serta sinergi yang lebih erat antara dunia akademisi dan praktisi. (Sumber: Ditjen HPI)







AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Pidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidDiplomasi Indonesia 2013ASEAN Selayang PandangLPSE
Pedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh PemdaPerpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEAN
QuAs edisi 4BSBI 2014PusdiklatStrategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017Buletin Komunitas ASEAN
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan