Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Berita Utama

Dubes Dino: Harus Bersejarah, Konggres Diaspora Indonesia II

Rabu, 27 Februari 2013

Konggres Diaspora Indonesia II yang akan digelar di Jakarta, 18-20 Agustus 2013 tidak boleh menjadi ajang seminar biasa. Namun, harus menjadi pertemuan yang bersejarah. Pertemuan yang berorientasi pada penguatan jejaring, program-program dan langkah-langkah konkrit.
 
Pernyataan ini ditegaskan Duta Besar RI untuk AS Dino Patti Djalal dalam paparannya di Lokakarya Nasional Diaspora Indonesia di Gedung Nusantara, Kemlu, hari ini (27/2/2013).
 
Untuk mencapai sasaran itu, Dino mengatakan perlunya Konggres tersebut mencanangkan target-target yang dapat direaliasikan. Tidak perlu besar, tapi program-program yang memberikan dampak langsung bagi pembangunan nasional.
 
Dino mengatakan berbagai ide muncul dari sejumlah pertemuan antar Diaspora Indonesia, termasuk pembentukan task force. Namun ia mengingatkan ide-ide tersebut harus terukur berdasarkan kriteria harus ada pelaksana yang berkomitmen, harus ada mitranya di tanah air dan gagasan itu harus dapat dilaksanakan.
 
Dino melihat lokakarya kali ini harus dapat mematangkan persiapan Konggres Diaspora Indonesia II. “Kepanitiaan dengan pemenuhan tugas sesuai dengan porsi masing-masing menjadi penting,” tegasnya.
 
Konggres Diaspora Indonesia II yang bertema “Pulang Kampung” tersebut diharapkan dihadiri oleh sekitar 2000-4000 Diaspora dari seluruh dunia.
 
Diakui Dino, target ini tidak ringan, mengingat 80-90% Diaspora Indonesia terdiri dari para middle class. “Mayoritas terikat kerja di kantor, sehingga memerlukan izin dari kantornya untuk datang ke Indonesia.”
 
Untuk itu, mulai sekarang pihaknya akan menggalang kampanye maupun iklan agar rencana Konggres tersebut lebih bergaung.
 
Perwakilan-perwakilan RI juga diimbau untuk segera mengkomunikasikan penyelenggaraan Konggres tersebut, termasuk jika diperlukan melakukan kontak dengan perusahaan atau kantor tempat kerja wakil-wakil Diaspora Indonesia yang akan datang.
 
“Perwakilan AS berkomitmen untuk menggalang kedatangan mininal 200 orang Diaspora Indonesia. Kalo masing-masing Perwakilan dapat berkomitmen minimal 100 orang, saya optimis target tingkat kehadiran terpenuhi,” jelas Dino. (sumber: Dit. Infomed/Yo2k)






AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Pidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidDiplomasi Indonesia 2013ASEAN Selayang PandangLPSE
Pedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh PemdaPerpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEAN
QuAs edisi 4BSBI 2014PusdiklatStrategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017Buletin Komunitas ASEAN
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan