Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Berita Utama

Kemitraan ASEAN-New Zealand Penting Bagi Indonesia

Senin, 18 Februari 2013

ASEAN

​Kemitraan ASEAN-New Zealand penting bagi Indonesia. Hal ini terutama untuk pengembangan kerja sama di bidang pendidikan, penanganan bencana dan isu pertanian.

"Indonesia perlu terus memaksimalkan kerja sama ASEAN dengan Selandia Baru bagi kepentingan nasional terutama yang dikategorikan dalam kerja sama kemitraan serta ASEAN Connectivity". Pertemuan rutin Senior Official Meeting ke-20 ASEAN-New Zealand Dialogue yang diadakan di Wellington (14-15/02).

Membuka langsung pertemuan ini, Secretary of Foreign Affairs and Trade Selandia Baru, Mr. John Allen, menegaskan pentingnya ASEAN bagi Selandia Baru terutama di bidang ekonomi, perdagangan, investasi serta stabilitas perdamaian dan keamanan di kawasan.

Hal ini juga diamini oleh Wakil Menlu Laos dimana dalam sambutan pembukaannya menyampaikan, "hingga tahun 2011, total perdagangan negara-negara ASEAN dan Selandia Baru telah mencapai US$8,2 milyar serta investasi Selandia Baru ke ASEAN sebesar US$13 juta".

Dalam pertemuan ini, delegasi Indonesia dipimpin Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN, I Gusti Agung Wesaka Puja didampingi Duta Besar RI untuk Selandia Baru, A Agus Sriyono, menjadi lead discussant pada agenda pembahasan Bali Concord III and Plan of Action 2013-2017.

Pada sesi tersebut, disampaikan oleh Ketua Delri perlunya memulai implementasi 58 keys areas of cooperation dan 315 action lines dari Plan of Action serta mengharapkan dukungan koordinasi dari ASEAN Committees in Third Countries and International Organisations serta Duta Besar ASEAN di Jakarta dan mitra wicara seperti Selandia Baru. (Sumber: KBRI Wellington/Ed.PY)







AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Pidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidDiplomasi Indonesia 2013ASEAN Selayang PandangLPSE
Pedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh PemdaPerpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEAN
QuAs edisi 4BSBI 2014PusdiklatStrategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017Buletin Komunitas ASEAN
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan