Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Berita Utama

Pemenang Lomba Gambar ASEAN Siap Berkompetisi di Tingkat Regional

Kamis, 26 Juli 2012

Enam pelukis belia keluar sebagai pemenang lomba gambar ASEAN tingkat nasional bertema “Satu Komunitas, Satu Masa Depan” yang diselenggarakan Kemlu. Keenam pemenang dibagi ke dalam dua kelompok usia kategori A untuk usia 6-12 tahun dan kategori B untuk usia 13-14 tahun.

Juara I pada kategori A diraih Kiddyafasta B.U. dari Semarang dengan gambar berjudul “ASEAN Menjunjung Tinggi Nilai-Nilai Kemanusiaan”. Sedangkan juara II dan III masing-masing disabet Muhammad Tites Julang P. (Yogyakarta) berjudul “Go Green ASEAN” dan Andrew Januaristy Romero (Semarang) berjudul “Sepuluh Negeri dengan Beragam Tradisi dan Teknologi”.

Sementara pada kategori B Gurdan Galang Albani asal Magelang meraih juara I dengan mengangkat gambar berjudul “Menjalin Persatuan dan Kesatuan Komunita ASEAN 2015”.  Juara II dan III masing-masing diboyong Gita Fitrilia (Tuban) dengan gambar berjudul “Dengan Terwujudnya ASEAN, Bangsa-Bangsa ASEAN dapat Mewujudkan Masa Depannya” dan Dimas Jabbar Rosul (Tangerang) berjudul “Naga-naga Asia Tenggara Menuju Kemajuan Ekonomi yang Kuat”.

Lomba gambar mengenai ASEAN ini dilangsungkan untuk lebih memasyarakatkan ASEAN kepada generasi muda.

Direktur Jenderal Kerja Sama ASEAN Kemlu, I Gusti Wesaka Puja menuturkan karya gambar yang masuk menunjukkan kreativitas dan imajinasi bebas dari anak-anak mengenai ASEAN dan harapan mereka tentang ASEAN di masa mendatang.

Puja mengamati kesetaraan gender tercermin dari cukup banyaknya partisipasi dari anak-anak perempuan.

“Dalam kurun waktu kurang lebih 2 bulan panitia menerima 263 karya gambar untuk kedua kategori yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia antara lain Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Bali, Makassar, Manado, Medan, Bengkulu, Lampung dan Pontianak,” jelasnya.

Dewan juri yang dipilih adalah Chandra Johan (kurator) sebagai ketua Dewan Juri, Baron Basuning (pelukis profesional) dan Rosmalawati Chalid (Direktur Kerja Sama Fungsional, Ditjen Kerja Sama ASEAN, Kemlu) sebagai anggota.

Menurut Chandra Johan, penilaian terhadap gambar anak-anak tidak bisa disamakan dengan orang dewasa yang telah memiliki kemampuan melukis.

“Karena itu dewan juri lebih melihat kepada kebebasan dan kekayaan ide yang ditampilkan serta keberania mereka untuk mengekpresikannya,” tuturnya menjelaskan kriteria penilaian lomba.

Selanjutnya, masing-masing pemenang I pada tiap kategori  lomba gambar ini akan beradu dengan pemenang dari negara-negara ASEAN lainnya.

Kompetisi di tingkat regional akan diseleggarakan Sekretariat ASEAN. Penilaiannya didasarkan sistem voting melalui Facebook pada 30 Juli-8 Agustus 2012.

Pemenangnya akan diumumkan pada 8 Agustus 2012 bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-45 ASEAN. (sumber: Ditjen KSA/ed.Yo2k)

 

Foto-foto pemenang lomba dapat klik di sini







AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Pidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidDiplomasi Indonesia 2013ASEAN Selayang PandangLPSE
Pedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh PemdaPerpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEAN
QuAs edisi 4BSBI 2014PusdiklatStrategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017Buletin Komunitas ASEAN
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan