Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Berita Utama

Dubes Makarim Wibisono Wakili Indonesia sebagai Anggota Misi Dewan HAM PBB ke Darfur, Sudan

Senin, 29 Januari 2007

Deplu, Jakarta. Wakil Tetap RI untuk Jenewa, Duta Besar DR. Makarim Wibisono, secara resmi telah ditetapkan sebagai salah satu anggota Misi Dewan HAM PBB ke Darfur, Sudan.  Penetapan tersebut disampaikan oleh Presiden Dewan HAM PBB, Duta Besar Luis Alfonso de Alba (Wakil Tetap Meksiko di Jenewa), pada hari Jum’at, tgl 26 Januari 2007, setelah berkonsultasi dengan negara-negara anggota DHAM PBB.
 
Misi ini dibentuk berdasarkan Keputusan Dewan HAM PBB yaitu pada Sidang Sesi Khusus ke-IV mengenai Darfur (12-13 Desember 2006). Misi tsb bertujuan untuk mengkaji situasi HAM di Darfur dan mempertimbangkan kebutuhan Pemerintah Sudan guna mengatasi krisis HAM dan kemanusiaan di wilayah tersebut. Misi ini direncanakan memulai rangkaian tugasnya ke Darfur awal Februari mendatang dan akan menyampaikan laporan pada Sidang Sesi reguler Sesi ke-IV yang akan berlangsung tgl 12 Maret-5 April 2006.
 
Menurut PTRI Jenewa, dipilihnya Dubes Makarim Wibisono, yang dicalonkan oleh Kelompok Asia dan didukung penuh oleh seluruh kelompok kawasan dan politik lain di Dewan HAM, menunjukkan dukungan dan penghargaan terhadap peran dan kontribusi Indonesia selama ini di Dewan HAM PBB. Terpilihanya Dubes Makarim juga menunjukkan kepercayaan atas kepemimpinan Indonesia selama menjadi Ketua Komisi HAM ke-61/2005 di Jenewa, yang telah memimpin KHAM dengan mengedepankan prinsip-prinsip demokratis, tidak memihak, transparan dan mengedepankan penyelesaian berbagai isu HAM secara konsensus.
 
Misi Dewan HAM tersebut juga beranggotakan empat pakar lainnya, yaitu Jody Williams (Pemenang Nobel Perdamaian PBB tahun 1997), Mark Nutt, anggota Parlemen Estonia yang sekaligus anggota Dewan Komisi Anti Rasisme dan Tindak Intoleransi, Komisi Eropa, Bertrand Ramcharan (mantan Deputi Komisaris Tinggi HAM PBB) dan Dubes Patrice Tonda (Duta Besar/Wakil Tetap Perutusan Tetap Gabon di Jenewa). Pelapor Khusus HAM PBB untuk Sudan, Sima Samar, juga akan menyertai misi ke Sudan tersebut. ING, Sumber PTRI Jenewa.






AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Pidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidDiplomasi Indonesia 2013ASEAN Selayang PandangLPSE
Pedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh PemdaPerpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEAN
QuAs edisi 4BSBI 2014PusdiklatStrategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017Buletin Komunitas ASEAN
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan