Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Berita Utama

Sosialisasi Investasi, mantapkan Diplomasi ekonomi di Afrika dan Timteng

Sabtu, 31 Juli 2010

Sosialisasi investasi untuk para Pejabat Fungsi Ekonomi Perwakilan RI di  Luar Negari untuk Wilayah Afrika dan Timur Tengah

Negara-negara di kawasan Afrika dan Timur Tengah (Timteng) memiliki potensi ekonomi dan peluang yang menjanjikan untuk dimanfaatkan bagi pemenuhan kepentingan Indonesia. Hal ini mengemuka dalam pertemuan sosialisasi investasi yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) bekerja sama dengan Kementerian Luar Negeri RI (Kemlu) di Beirut – Lebanon (29/07).

Sosialisasi investasi dua hari tersebut (28 -29/07) menghadirkan para pembicara dari berbagai instansi termasuk BKPM, Kemlu, Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata (Kembudpar), Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Anggota DPR RI Komisi VI.

Acara sosialisasi dihadiri 20 diplomat bidang ekonomi pada Perwakilan RI di negara-negara Afrika dan Timteng untuk penyebarluasan informasi kebijakan pemerintah di bidang penanaman modal. “Sebagai sarana untuk memberikan pemahaman komprehensif kepada pejabat pelaksana fungsi ekonomi Indonesia di Afrika dan Timteng tentang kebijakan investasi,” tegas R.A. Arief, Kuasa Usaha ad Interim (KUAI) KBRI Beirut pada acara pembukaan.

Selain pemaparan para narasumber tentang berbagai kebijakan baru dan proyek-proyek investasi yang siap ditawarkan kepada pihak asing, peserta juga berkesempatan menyampaikan aneka pengalaman, profil dan peluang negara akreditasi masing-masing bagi kepentingan Indonesia.

“Di bidang investasi, terdapat dua trend di kawasan Timteng dan Afrika, yaitu negara-negara sebagai sumber investasi dan negara sebagai target investasi pengusaha Indonesia,” jelas Dr. Indra Darmawan, Direktur Deregulasi Penanaman Modal BKPM yang menjadi narasumber seraya menyimpulkan masukan peserta bahwa, Qatar, Kuwait dan Arab Saudi merupakan contoh yang perlu digarap maksimal. Sedangkan beberapa negara Afrika juga memberikan peluang besar sebagai target investasi BUMN Indonesia di bidang IT, pertambangan dan pertanian.

Pembicara lainnya, Muhammad Husein, Direktur Perencanaan Sarana Prasarana BKPM juga menjelaskan bahwa Pemerintah telah melakukan berbagai upaya deregulasi di bidang perpajakan, kepabeanan dan kelistrikan.

Husein menambahkan, “Upaya Pemerintah untuk membentuk Kawasan Ekonomi Khusus serta menetapkan Daftar Negatif Investasi baru yang lebih terbuka, diyakini dapat mendukung upaya perwakilan RI di luar negeri untuk meningkatkan arus investasi asing ke Indonesia”.

Di akhir acara, para peserta berhasil merumuskan 19 (sembilan belas) butir rekomendasi untuk disampaikan kepada pihak-pihak terkait.

“Rekomendasi kami tidak terbatas bagi peningkatan investasi asing dari kawasan Afrika dan Timur Tengah ke Indonesia, tetapi juga sebagai upaya meningkatkan perdagangan, pariwisata dari kawasan ini bagi peningkatan ekonomi nasional,” jelas Kenssy D. Ekaningsih, Sekretaris Ditjen Asia Pasifik dan Afrika – Kemlu yang hadir sebagai narasumber.

Hal senada juga tercermin dalam rekomendasi para peserta yang menyatakan agar kegiatan promosi terpadu di bidang Tourism, Trade, Investment,  and Employment (TTIE) di Afrika dan Timteng dapat lebih dioptimalkan melalui pameran ekonomi, investasi, perdagangan dan pariwisata serta pagelaran misi seni dan budaya dengan melibatkan partisipasi aktif pengusaha Indonesia.

Rekomendasi lainnya juga menitikberatkan pada perlunya peningkatan koordinasi antar instansi terkait, peningkatan daya saing Indonesia dan maksimalisasi dukungan instansi dalam negeri untuk memfasilitasi investor asing.

Peserta sosialisasi menyambut baik kegiatan serupa agar dapat dilaksanakan kembali tahun depan dengan mengikutsertakan pengusaha dan investor potensial, baik dari Indonesia maupun dari negara tuan rumah sosialisasi. Atas usulan dari KBRI Rabat dan dukungan para peserta sosialisasi, kegiatan ini diharapkan dapat dilaksanakan di Maroko pada tahun 2011 mendatang. (sumber: KBRI Beirut)







AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Pidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidDiplomasi Indonesia 2013ASEAN Selayang PandangLPSE
Pedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh PemdaPerpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEAN
QuAs edisi 4BSBI 2014PusdiklatStrategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017Buletin Komunitas ASEAN
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan