Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Berita Utama

HUT RI Moskow: Pertandingan Olahraga Berhadiah Doa

Senin, 19 Juli 2010

Meski HUT RI masih sebulan lagi, namun pertandingan dalam rangka perayaan hari kemerdekaan RI telah dimulai di Moskow. Olahraga ini meski menggunakan otot, namun hanya berhadiah doa. Para pemain pun diharap bersiap diri untuk melakukannya sekedar untuk 'fun' semata.

Mengingat awal bulan depan sudah memasuki bulan suci Ramadhan, maka pertandingan olahraga di Moskow dipercepat. Bertempat di Sporthall Universitas Bauman, 4 pertandingan dilakukan secara simultan: badminton, tenis meja, volley dan permainan anak-anak. Acara dimulai pada pukul 10 pagi dan berakhir pada 15.00.

Udara Moskow yang sedang menuju puncak panas mengiringi pertandingan di ruangan indoor. Di luar ruangan pada 18 Juli 2010 itu temperature terus merangkak menuju angka 39 derajat Celcius. Dengan demikian, maka 100an pemain yang terdiri dari mahasiswa, masyarakat dan staf KBRI itu dituntut memiliki stamina yang prima. Satu kali pertandingan saja, dijamin keringat sudah bercucuran. “Lihat nih, keringat saya sejagung-jagung,” kata Tursino selesai main badminton.

Duta Besar Hamid Awaludin menyatakan dalam sambutannya bahwa ada saatnya olahraga dibuat serileks mungkin dan tidak menimbulkan ketegangan. Semua akan senang tetapi mendapatkan puncak tujuan yakni kesehatan jasmani.
 
Karenanya, tidak perlu ada ketegangan apalagi perselisihan. “Kita semua yang menang dalam pertandingan ini saya jamin tidak akan dikirim ke ASEAN Games ataupun Olimpiade,” kata Dubes yang disambut dengan tepuk tangan dan gelak tawa.

Dengan prinsip tersebut, maka tidak disediakan hadiah apapun oleh panitia pertandingan. Bagi yang kalah mendapatkan kesehatan dan yang menang disediakan segudang do’a.  “Bagi pemenang, mari kita doakan agar sehat wal afiat sampai akhir hayat. Wassalam,” tutup Dubes Hamid Awaludin.

Menurut M. Aji Surya, Konselor KBRI Moskow, pertandingan yang berlangsung pada hari minggu tersebut memang tergolong melelahkan. Bukan hanya karena di dalam gedung tanpa AC di musim panas, namun karena sehari sebelumnya para pemain juga mengikuti pertandingan olahraga dalam rangka ulang tahun ASEAN yang diikuti oleh 250an peserta. (sumber: KBRI Moskow) 






AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Pidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidDiplomasi Indonesia 2013ASEAN Selayang PandangLPSE
Pedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh PemdaPerpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEAN
QuAs edisi 4BSBI 2014PusdiklatStrategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017Buletin Komunitas ASEAN
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan