Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Berita Utama

14 Calon Dubes RI Pelajari Potensi Yogyakarta

Senin, 23 Nopember 2009

14 Calon Dubes RI Pelajari Potensi Yogyakarta 2
Sebanyak 14 calon Duta Besar dan dua calon Konsul Jenderal Indonesia untuk kawasan Amerika, Amerika Latin, Eropa, Timur Tengah, Asia, Asia Timur, dan Afrika selama tiga hari melawat ke Daerah Istimewa Yogyakarta. Para calon dubes dan konjen diterima tersebut diterima langsung oleh Gubernur D.I. Yogyakarta, Sri Sultan Hamengkubuwono X di Kantor Kepatihan untuk melakukan dialog.
 
Lawatan calon dubes dan konjen ini dalam rangka menjalankan tugas akhir orientasi program lintas nusantara ke beberapa propinsi di Indonesia, di antaranya ke Riau dan Batam; Yogyakarta dan Surabaya; serta Makassar dan Papua.
 
Misi dari lawatan di DIY adalah untuk mengenali lebih dalam potensi pendidikan, turisme, perdagangan dan investasi yang dimiliki oleh DIY untuk selanjutnya akan dipasarkan di luar negeri.
 
Mengutip ucapan calon Dubes RI untuk Maroko, Tosari Widjaja, selaku pimpinan rombongan kepada media di Yogyakarta, Jumat (21/11) mengatakan, ”kami akan promosikan potensi yang ada di Indonesia hingga terjalin kerjasama dengan pihak terkait di negara akreditasi kami. Selama tiga hingga empat tahun bertugas, setiap calon dubes dan konjen harus bisa membangun dan mengoptimalkan pondasi hubungan diplomatik, terutama dalam bidang pendidikan, perdagangan, pariwisata, dan investasi”.
 
Dalam lawatannya pada hari kedua di Yogyakarta, rombongan calon dubes dan konjen berkesempatan mengunjungi Pasar Seni Gabusan (PSG) Bantul dan berjanji untuk mempromosikan hasil kerajinan tangan (handycraft) perajin asal Indonesia ke tempat mereka ditugaskan.
 
Sementara dalam lawatannya ke Universitas Islam Indonesia (UII), Yogyakarta, calon Dubes RI untuk  Maroko, Tosari Widjaya mengatakan bahwa, ”kami sengaja memilih UII untuk melihat potensi dari sisi pendidikan dan sosial budaya, mengingat sebagian besar calon dubes dan konjen dalam robongan akan ditempatkan di negara-negara Islam. Potensi itulah, nantinya yang akan dikerjasamakan dengan pemerintah negara-negara di mana para calon dubes dan konjen bertugas”.
 
Usai diterima dan berdialog dengan Sri Sultan, rombongan calon dubes dan dubes melanjutkan lawatannya ke Surabaya, Jawa Timur. (Sumber: Dit. Infomed)






AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Pidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidDiplomasi Indonesia 2013ASEAN Selayang PandangLPSE
Pedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh PemdaPerpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEAN
QuAs edisi 4BSBI 2014PusdiklatStrategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017Buletin Komunitas ASEAN
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan