Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Lembar Informasi

Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri FEALAC ke-6

Jumat, 31 Mei 2013

Gambaran Umum

Forum for East Asia-Latin America Cooperation (FEALAC) merupakan organisasi kerja sama yang bertujuan untuk meningkatkan saling pengertian, dialog dan kerja sama antara negara-negara di Asia Timur dan Amerika Latin yang mencakup bidang politik, pendidikan, olah raga, kebudayaan, ekonomi, perdagangan, kemasyarakatan, ilmu pengetahuan dan teknologi, yang melibatkan seluruh lapisan masyarakatnya.

FEALAC sampai saat ini merupakan satu-satunya organisasi kerja sama regional yang menghubungkan kerja sama  antara negara-negara di kawasan Asia Timur dan Amerika Latin.

Sesuai dengan kesepakatan pada awal pembentukan FEALAC, pelaksanaan Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri dilaksanakan secara bergiliran antara kawasan Amerika Latin dan Asia Timur.

Buenos Aires Declaration yang dihasilkan dalam PTM ke-5 FEALAC di Buenos Aires, Argentina pada tahun 2011, memberikan mandat dan kepercayaan kepada Indonesia yang menjabat sebagai Regional Coordinator-Asia untuk menjadi tuan rumah PTM ke-6 tahun 2013.

Keketuaan dan kepercayaan kepada Indonesia dalam rangka penyelenggaraan PTM ke-6 FEALAC dimaksud,  sejalan dengan Rencana Tindak dalam Program Pembangunan Nasional (Propenas) dan sesuai dengan amanat RPJMN 2010-2014 bahwa Indonesia akan semakin memainkan peran dalam fora Internasional.

Dalam kapasitas sebagai tuan rumah PTM FEALAC dimaksud, Indonesia dipercaya untuk memajukan saling pengertian, dialog politik dan ekonomi, serta kerja sama di berbagai bidang guna mencapai hubungan yang efektif dan bermanfaat, serta kerja sama  yang lebih erat di antara negara-negara anggota FEALAC.

Dengan menyelenggarakan PTM ke-6 FEALAC dimaksud, Indonesia akan memimpin negara-negara anggota FEALAC lainnya untuk menghasilkan outcome document yang akan memuat rekomendasi dan kebijakan strategis dalam rangka memajukan dan meningkatkan kinerja serta manfaat dari kerja sama  FEALAC.

Maksud dan Tujuan

Keanggotaan dan peran aktif Indonesia sebagai Koordinator Kawasan dalam forum kerja sama antar kawasan Asia Timur dan Amerika Latin (FEALAC) dimaksudkan untuk mencapai kepentingan nasional Indonesia melalui dialog yang dapat memperkuat kerja sama di bidang politik, pendidikan, olah raga, kebudayaan, ekonomi, perdagangan, kemasyarakatan, ilmu pengetahuan dan teknologi antar kawasan Amerika Latin dan Asia Timur.

Upaya ini bertujuan untuk memperkuat kerja sama antar negara anggota FEALAC yang dapat memberikan manfaat nyata bagi seluruh warga negara anggota FEALAC pada umumnya dan rakyat Indonesia pada khususnya.

Diharapkan pertemuan ini dapat menghasilkan dokumen Bali Declaration, yang isinya antara lain berupa upaya meningkatkan pemanfaatan kawasan Amerika Latin sebagai pasar non-tradisional Indonesia, mencarikan solusi atas berbagai masalah di kedua kawasan dan masalah global, serta meningkatkan kerja sama yang lebih kuat antara kedua kawasan.

PTM FEALAC ini menunjukkan komitmen dan kontribusi Indonesia sebagai negara koordinator wilayah Asia kerja sama FEALAC periode 2011-2013 untuk memajukan kerja sama dalam kerangka FEALAC.

Sesuai dengan arahan Presiden RI pada Rapat Kerja Kepala Perwakilan RI, Indonesia harus mengambil kesempatan menjadi tuan rumah pada konferensi internasional, guna mendukung hal-hal strategis yang menjadi kepentingan pembangunan nasional Indonesia serta mengambil manfaat ekonomi, pariwisata dan citra Indonesia di mata negara-negara anggota FEALAC dari kehadiran delegasi pada pertemuan dimaksud.

Peserta Pertemuan

Pertemuan Tingkat Menteri FEALAC akan mengundang partisipasi Menteri Luar Negeri dari 36 negara anggota FEALAC. PTM akan diawali dengan Pertemuan FEALAC Vision Group, Pertemuan Working Groups dan Sub Working Group, Senior Official Meeting/SOM dari masing-masing negara anggota FEALAC. Selain itu, akan diundang 5 (lima) organisasi regional.

Dari keseluruhan 36 negara anggota FEALAC, sebanyak 16 negara berasal dari kawasan Asia Timur (Indonesia, Australia, Brunei Darussalam, Kamboja, RRC, Jepang, Korea Selatan, Laos, Malaysia, Myanmar, Selandia Baru, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam dan Mongolia) dan 20 negara anggota lainnya dari kawasan Amerika Latin (Argentina, Bolivia, Brazil, Chile, Costa Rica, Ekuador, El Salvador, Guatemala, Honduras, Kolombia, Kuba, Meksiko, Nikaragua, Panama, Paraguay, Peru, Republik Dominika, Suriname, Uruguay, Venezuela). Dari 2 pertemuan terakhir di Buenos Aires dan Tokyo, masing-masing negara anggota mengirimkan sebanyak 4 sampai 5 delegasi.

Organisasi kerja sama  regional yang akan diundang dalam pertemuan tersebut antara lain UN-Economic Commission for Asia and the Pacific (UN-ESCAP), Sekretariat ASEAN, Inter-American Development Bank (IDB), Asian Development Bank (ADB) dan Economic Commission for Latin America and the Caribbean (ECLAC).

Bentuk Pertemuan dan Jenis Kegiatan

Rangkaian PTM ke-6 akan didahului dengan Pertemuan FEALAC Working Groups yaitu Sub Working Group on Tourism dan pertemuan 3 Working Groups (Politic, Culture, Education, and Sport; Economic and Society; dan Science and Technology).

Pertemuan para Pejabat Senior (SOM)  akan membahas hasil pertemuan kelompok kerja, yang akan didahului juga dengan Core Group Meeting antara Regional Coordinator Asia Timur dan Amerika Latin dengan Co-Chair dari 3 Working Groups dan satu Sub-Working Group.

Puncak pelaksanaan PTM FEALAC ke-6 akan didahului dengan Pembukaan oleh Presiden RI, yang dilanjutkan dengan Courtesy Call Menlu negara-negara anggota FEALAC kepada Presiden RI. Setelah itu akan diadakan pertemuan Retreat dan Pleno.

Kegiatan pendukung substansi lainnya diselenggarakan untuk melengkapi penyelenggaraan rangkaian pertemuan PTM ke-6 FEALAC. 

Kegiatan pendukung yang dimaksud antara lain, pameran, dan side events yang terkait dengan FEALAC.

Memanfaatkan pertemuan dimaksud, diperkirakan juga akan dilakukan banyak pertemuan bilateral antar negara-negara anggota FEALAC, ataupun antara negara anggota FEALAC dengan organisasi kerja sama regional.

Seni dan Budaya adalah cermin peradaban serta aset bangsa yang harus diperkenalkan kepada dunia melalui berbagai forum internasional.

Untuk itu, PTM FEALAC ke-6 tersebut juga akan dimanfaatkan untuk mempromosikan keanekaragaman budaya Indonesia melalui pengenalan berbagai kerajinan khas Indonesia serta menampilkan tari dan musik tradisional Bali, pada acara Welcoming Dinner dan Gala Dinner.

Sebagai dukungan atas pelestarian lingkungan, dalam rangkaian PTM FEALAC ini juga akan diselenggarakan Outreach Program.

Dalam rangka menyukseskan pelaksanaan PTM FEALAC ke-6 dimaksud, dilakukan serangkaian persiapan yang mencakup kegiatan sosialisasi dalam rangka public dan media awareness (seminar/diskusi/festival/pameran dan kegiatan kemasyarakatan lainnya), briefing kepada para Duta Besar negara anggota FEALAC, dan rapat inter kementerian.

Waktu dan Tempat Pertemuan

Rangkaian Pertemuan Tingkat Menteri Luar Negeri FEALAC ke-6 (FMM VI) dijadwalkan akan diselenggarakan pada tanggal  11-14 Juni 2013 di Grand Hyatt Hotel, Nusa Dua, Bali.






AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Pidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidDiplomasi Indonesia 2013ASEAN Selayang PandangLPSE
Pedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh PemdaPerpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEAN
QuAs edisi 4BSBI 2014PusdiklatStrategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017Buletin Komunitas ASEAN
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan