Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Berita Perwakilan

KBRI Caracas

Resepsi Diplomatik HUT Kemerdekaan RI Ke-66 di Caracas

23 Agustus 2011

KBRI Caracas telah menyelenggarakan resepsi diplomatik di Venezuela dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan RI ke-66 pada tanggal 19 Agustus 2011. Acara yang diselenggarakan di Hotel J.W. Marriot ini dihadiri oleh 249 tamu undangan dari kalangan diplomatik, para pejabat pemerintah setempat baik dari pusat maupun daerah, kalangan pengusaha, media massa, artis dan kalangan sosialite di Caracas, warga Indonesia serta masyarakat setempat simpatisan Indonesia.

Dalam sambutannya, KUAI RI Caracas, Arif Sumantri Harahap, memaparkan antara lain penyampaian ucapan selamat kepada rakyat dan pemerintah Venezuela atas ulang tahun kemerdekaan Venezuela ke-200 pada tanggal 5 Juli 2011, arti penting keketuaan Indonesia pada ASEAN untuk periode tahun 2011 sekaligus memperkenalkan bendera ASEAN, pembentukan Komunitas ASEAN Caracas, serta kedekataan Indonesia dan Venezuela dalam berbagai forum internasional. Dalam akhir pidatonya, KUAI juga menyampaikan harapan untuk mengingkatkan hubungan Indonesia dan Venezuela, tidak hanya dalam kerangka kerjasama bilateral namun juga antar kawasan antara ASEAN dengan Aliansi Bolivariana untuk Rakyat Amerika (ALBA).

Resepsi diplomatik ini juga dipergunakan sekaligus sebagai ajang mempromosikan kekayaan seni dan budaya Indonesia. Venue pelaksanaan resepsi diplomatik dihias dengan berbagai produk dan barang-barang khas Indonesia, seperti patung-patung Garuda, boneka-boneka berpakaian baju tradisional Indonesia, satu set alat musik angklung sebanyak 4 (empat) oktaf, baju tradisional dan payung-payung Bali, bendera Indonesia, kain-kain tradisional khas Indonesia serta layar tembak yang secara terus-menerus memutar video promosi Indonesia dengan diiringi musik tradisional Indonesia.

Selain itu, dalam resepsi diplomatik dimaksud juga disuguhkan makanan khas Indonesia. Para undangan juga berkesempatan menikmati pertunjukan budaya yang menampilkan Kelompok Musik Kolintang – Angklung yang dibawakan oleh murid-murid Sekolah Republik Indonesia serta tari-tarian tradisional yang dibawakan oleh Kelompok Tari KBRI Caracas. Dalam kesempatan ini, selain melantukan lagu kebangsaan Indonesia dan Venezuela pada pembukaan acara, Kelompok Musik Kolintang – Angklung juga menampilkan lagi Bengawan Solo dan Alma Llanera. Selain itu, Kelompok Tari KBRI Caracas menyajikan tari Pendet dari Bali, tari Blantek dan Kenung Merah dari  Betawi.

Yang tidak kalah menarik dari pertunjukan seni dan budaya Indonesia adalah penampilan pakaian-pakaian daerah, selain oleh para staf KBRI Caracas, juga oleh model dari beberapa rumah mode di Caracas yang mengenakan baju-baju daerah dari Jawa, Betawi, Aceh, Sumatera Barat, dan Bali. Dalam kesempatan tersebut juga tampil seorang Miss Tourism Inter-Continental 2010-2011 (Duta Pariwisata Inter-Kontinental 2010-2011) yang menampilkan baju tradisional Bali.

Resepsi diplomatik ini mendapatkan sambutan yang hangat dan apresiasi yang tinggi dari tamu undangan yang hadir yang ditunjukan dengan kekeguman mereka terhadap sajian pentas budaya, nuansa Indonesia yang kental pada venue dan sajian kulinari khas Indonesia. Selain itu banyak dari para tamu undangan yang tinggal dan menikmati kebersamaan hingga resepsi diplomatik selesai menjelang tengah malam. Mereka memuji resepsi diplomatik ini karena memiliki tampilan yang elegan.

Dalam kesempatan tersebut, reporter sebuah acara/show di stasiun televisi bernama Sin Flash yang juga hadir pada acara resepsi diplomatik menyatakan bahwa pihaknya akan menyiarkan pada kesempatan pertama, episode khusus mengenai Indonesia dari hasil rekaman gambar yang diambil saat itu dan pada saat di Kedutaan. Sin Flash merupakan acara yang menyajikan fashion dan mode serta kehidupan kalangan solialite di Caracas dan sekitarnya.

Sehari sebelum pelaksanaan resepsi diplomatik, Pejabat Fungsi Pensosbud telah hadir di studio Radio Caracas Radio untuk melakukan wawancara. Wawancara dimaksud yang pada intinya menyampaikan tema dan makna peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-66 bagi pemerintah dan rakyat Indonesia khususnya di Caracas, keketuaan Indonesia pada ASEAN, beasiswa pemerintah Indonesia dan pelaksanaan promosi seni budaya Indonesia di Venezuela.







AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Pidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidDiplomasi Indonesia 2013ASEAN Selayang PandangLPSE
Pedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh PemdaPerpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEAN
QuAs edisi 4BSBI 2014PusdiklatStrategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017Buletin Komunitas ASEAN
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan