Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Berita Perwakilan

KJRI Perth

Program Pelatihan Guru Bahasa Inggris di Flores

21 Mei 2008

Pada tanggal 16-20 Juli 2007, Konsulat RI Perth bekerjasama dengan Australia- Fremantle Education Centre (FEC), Yayasan  Budaya Flores, dan Pemda setempat  (Ngada, Sikka dan Flores Timor) telah mengadakan Program Pelatihan Bahasa Inggris untuk guru-guru di Ledalero, Flores. Pelatihan dinamakan “The Tools Kit for English Teachers” dan diikuti oleh 84 peserta. Program dibagi dalam 2 (dua) kategori yaitu Program Baru Bahasa Inggris (New English Program) diikuti 50 peserta dan Program Alumni 2006 (Alumni Program) diikuti 34 peserta.

Program ini adalah Program yang kedua kalinya dan bertujuan selain untuk meningkatkan kualitas sumber daya guru-guru bahasa Inggris di daerah, juga untuk melatih/ merangsang para guru mencari metode-metode baru dalam hal pembelajaran bahasa Inggris kepada murid sekolah. Sehingga dengan demikian, setiap guru selalu dituntut untuk menggali sumber-sumber pengetahuan baru untuk diajarkan lepada para muridnya.

Eemen terpenting dari pendidikan adalah guru yang berkualitas. Untuk memperoleh guru yang baik maka setiap guru harus selalu meningkatkan kapasitasnya melalui pelatihan-pelatihan secara reguler. Melalui pelatihan ini diharapkan para guru bahasa Inggris dapat memperoleh teknik baru dalam pengajaran bahasa Inggris dan juga agar para guru dapat memaksimalkan kesempatan baik ini untuk  menyerap ilmu pengetahuan dari para instruktur native speaker.  Selain itu peluang kebutuhan guru-guru bahasa Indonesia di Australia Barat khususnya dapat diisi oleh guru-guru dari Indonesia yang memiliki kemampuan bahasa Inggris sesuai Standard Australia.

Belajar Bahasa Inggris sebenarnya tidak hanya berfungsi untuk mempersiapkan diri dalam pekerjaan. Setidaknya dengan menguasai Bahasa Inggris, kita akan dimudahkan dalam melakukan penyerapan berbagai ilmu pengetahuan yang saat ini hampir semua referensi buku pengetahuan tersedia dalam bahasa Inggris, lebih dari itu, dapat pula memperluas peluang kita dalam menangkap berbagai kesempatan di dalam dunia kerja.

Manfaat lain dari program ini adalah akan memberikan kualitas pengajaran bahasa Inggris yang baik kepada murid sekolah karena para guru memiliki kompetensi yang memadai. Melalui metode pengajaran tersebut, para guru akan dilatih secara intensif keterampilan berbahasa Inggris yang menyangkut keahlian listening, speaking, reading,dan writing.

Fremantle Education Centre (FEC) Perth adalah lembaga pendidikan nirlaba, yang didirikan 31 tahun lalu, yang mempunyai tujuan untuk pengembangan kualitas sumber daya profesional pengajar. FEC bergerak tidak hanya di wilayah Australia saja namun telah berkembang secara global dengan penekanan wilayah di Asia Tenggara yang meliputi Indonesia, Vietnam, Malaysia dan Singapura.

Persaingan dunia pendidikan saat ini semakin tinggi dan kompetitif sehingga sudah barang tentu membutuhkan sumber tenaga pendidik yang handal dan berkualitas. Oleh karena melalui program ini diharapkan dapat menambah wawasan para guru bahasa Inggris dan juga dapat meningkatkan kualitas para pendidik.

Sebagai upaya agar program pelatihan ini dapat berkelanjutan serta untuk mengatasi masalah biaya di kemudian hari, diusulkan gagasan untuk mendirikan Lembaga Ledalero Learning Centre yang bertujuan sebagai wadah bagi para alumni sebagai mentor untuk melanjutkan pelatihan bahasa Inggris. Disamping itu akan didirikan Perpustakaan bahasa Inggris.







AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Pidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidDiplomasi Indonesia 2013ASEAN Selayang PandangLPSE
Pedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh PemdaPerpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEAN
QuAs edisi 4BSBI 2014PusdiklatStrategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017Buletin Komunitas ASEAN
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan