Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Berita Perwakilan

KBRI Brasilia

Pameran Budaya Indonesia di Universidade Católica de Brasilia

17 April 2013

Pameran Budaya Indonesia di Universidade Católica de Brasilia

KBRI Brasilia bekerja sama dengan salah satu universitas swasta terbesar di Brasilia, Universidade Católica de Brasilia (UCB) kembali menyelenggarakan kegiatan budaya. Pameran budaya dengan tema À Rica Cultura da Indonésia (Kekayaan Budaya Indonesia) tersebut berlangsung dari tanggal 16 hingga 25 April 2013. Pameran dibuka secara resmi oleh Dubes RI dan Rektor ad interim UCB Prof. Jorge Hamilton.

 

Dalam kata sambutannya, Dubes RI menyatakan pentingnyanya kerja sama budaya yang dijalin antara KBRI Brasilia dengan UCB dalam rangka memperdalam pengetahuan dan pemahaman budaya mahasiswa UCB mengenai Indonesia sehingga pada gilirannya akan mendorong peningkatan people-to-people contact. Hal tersebut disambut baik oleh Rektor UCB yang menggarisbawahi pentingnya pemahaman budaya mahasiswa UCB mengenai Indonesia sehingga diharapkan dapat lebih mendorong kerja sama yang lebih luas antara UCB dengan KBRI Brasilia khususnya serta mendorong peningkatan hubungan bilateral Indonesia-Brazil pada umumnya.

 

Pameran menampilkan berbagai macam benda budaya seperti instrumen musik tradisional dan kain batik serta tenun dari berbagai daerah di Indonesia, pakaian adat dan miniatur rumah adat beberapa daerah di Indonesia, wayang golek dan wayang kulit, benda-benda kerajinan tangan serta buku-buku terbitan mengenai budaya dan seni Indonesia. Pameran juga menampilkan tayangan video singkat mengenai wayang dan sekilas mengenai cara pembuatannya.

Melengkapi acara pembukaan pameran, Dubes menyerahkan donasi buku mengenai batik dan tenun Indonesia, yang dilanjutkan dengan persembahan tari Penyembrama yang disambut meriah oleh mahasiswa dan staf pengajar UCB. Sajian kue-kue tradisional mengakhiri acara pembukaan pameran yang dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai program studi.
 

Di sela-sela pembukaan, Dubes RI telah berbicara dengan staf akademis UCB mengenai peluang kerja sama di berbagai bidang kebudayaan antara UCB dengan universitas di Indonesia. Dubes menyampaikan pula mengenai Program Beasiswa Darmasiswa yang disambut hangat oleh para mahasiswa UCB. Dalam waktu dekat ini Dubes akan diminta untuk berbicara di depan mahasiswa UCB mengenai Indonesia dan hubungan bilateral Indonesia-Brazil.

Sebagai salah satu Universitas swasta terbesar di Brasilia, UCB memiliki jumlah mahasiswa total sekitar 18.000 orang, yang tersebar di 29 program sarjana, 30 program Pasca Sarjana, serta 13 program Ekstensi dan distance learning. 






AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Pidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidDiplomasi Indonesia 2013ASEAN Selayang PandangLPSE
Pedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh PemdaPerpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEAN
QuAs edisi 4BSBI 2014PusdiklatStrategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017Buletin Komunitas ASEAN
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan