Kontak Kami   |   FAQ   |   Link   |   Site Map
   |   Pencarian 

Berita Perwakilan

KBRI Lisabon

Dubes Palestina Hadiri Acara Ramah Tamah Asosiasi Peselancar Portugis-Indonesia di Lisbon

19 Desember 2012

KBRI Lisbon menyelenggarakan acara ramah tamah dengan anggota Asosiasi Persahabatan Peselancar Portugis-Indonesia (ASAI) di Wisma Dubes RI, Lisbon, tanggal 14 Desember 2012 lalu. Kegiatan yang dihadiri oleh seluruh jajaran KBRI Lisbon dan sekitar 30 orang peselancar Portugis anggota ASAI berlangsung meriah serta makin lengkap dengan kehadiran Dubes Palestina untuk Portugal, Dr. Mufeed al-Shami.
 
Kegiatan ini diadakan selain untuk bersilahturahmi menjelang akhir tahun 2012, juga dimaksudkan untuk menguatkan kerjasama pariwisata dan kebudayaan antara KBRI-ASAI dan kawan KBRI lainnya. Dalam kesempatan ini, para peselancar dijamu makan malam dengan menu khas Indonesia, yang sudah biasa mereka makan di Krui Lampung dan Mentawai, seperti gado-gado, sate ayam, nasi goreng dan rendang. Sebagian besar tamu menyatakan sajian makan malam tersebut mengobati rindu akan makanan Indonesia.
 
Dalam kesempatan sambutan, Dubes RI Albert Matondang mengucapkan selamat datang kepada seluruh pengurus dan anggota ASAI. Tahun 2012 merupakan tahun kerjasama yang baik dengan ASAI. Walaupun dimaklumi jumlah peselancar Portugis tahun ini tidak sebanyak tahun lalu akibat krisis di Eropa, namun jumlah pencinta selancar Portugis-Indonesia tetap tinggi. Untuk itu, kerjasama KBRI dan ASAI sangat penting guna tetap mempromosikan wisata khusus Indonesia.
 
Pernyataan Dubes itu diperkuat dengan pernyataan Ketua ASAI, Miguel Ruivo, yang menyatakan bahwa walaupun letak Indonesia cukup jauh dari Portugal, keinginan pecinta selancar Portugal berkunjung dan mencari ombak terbaik di Mentawai, Sumatera, tidak pernah surut. Ia sendiri menghabiskan lebih dari 6 bulan dalam setahun untuk tinggal di Indonesia dan menghidupkan wisata surfing di sepanjang pesisir Barat Sumatera.
 
Di samping itu, ASAI bersama KBRI Lisbon juga telah menerbitkan buku berjudul “Sumatra: Regresso ao Paraiso” (Sumatra: Return to Paradise) tahun lalu, yang hasil penjualannya cukup baik, sehingga tahun ini sebagian keuntungan penjualannya dapat disumbangkan untuk merenovasi sekolah dasar negeri di Mentawai. Ini merupakan salah satu program sosial ASAI dan KBRI, yang positif dan didukung banyak pihak.
 
Sejak berdiri tahun 2010 ASAI Portugal telah memiliki anggota yang cukup banyak. Tidak semua anggota telah berkunjung ke Indonesia, namun sebagian besar menyimpan cita-cita untuk bermain selancar di Indonesia. Selain itu, mengingat jumlah peminat yang terus meningkat, pada tahun 2011 ASAI membuka cabang di kota Porto dan kini terus berkembang.
 
Kehadiran Dubes Palestina, yang sengaja diundang beramah-tamah malam itu dengan jajaran KBRI dan peselancar Portugis-Indonesia, melengkapi arti penting acara. Dikatakan Dubes Palestina bahwa pada hari itu Presiden Mahmoud Abbas dan Menlu Palestina Al Maliki baru saja menyelesaikan kunjungan kenegaraan ke Portugal untuk bertemu dengan Presiden, PM dan Ketua Parlemen. Kunjungan Presiden dann Menlu Palestina tersebut sangat bersejarah, mengingat baru-baru ini Palestina memperoleh status sebagai pengamat non-anggota di PBB. Dubes Mufeed al-Shami menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada bangsa Portugis dan Indonesia atas dukungan keduanya mendorong pembentukan negara Palestina yang berdaulat di masa depan. (KBRI Lisbon 18/12/12).






AksesInvitesPPTM 2013Majalah QuAsPengumuman Rekrutmen CPNS Kemlu Tahun Anggaran 2013
Pidato Pernyataan Tahunan Menteri Luar Negeri Republik Indonesia, DR. R.M. Marty M. NatalegawappidDiplomasi Indonesia 2013ASEAN Selayang PandangLPSE
Pedoman Praktis Pembuatan Pengesahan dan Penyimpanan Naskah PIPanduan Umum Tata Cara dan Kerjasama LN oleh PemdaPerpustakaan Ali AlatasPeluangAyo Kita Kenal ASEAN
QuAs edisi 4BSBI 2014PusdiklatStrategi dan Rencana Aksi Konservasi Orangutan Indonesia 2007-2017Buletin Komunitas ASEAN
next pre
Hak Cipta 2009 Kementerian Luar Negeri Republik Indonesia | Syarat dan Ketentuan